BBP Sulsel Kembali Gelar Festival Musikalisasi Puisi

Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan (BBP Sulsel) kembali menggelar event tahunan, Festival Musikalisasai Puisi (FMP) Tingkat SMA dan Sederajat Se-Provinsi Sulawesi Selatan dan Se-Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2024. Fesitval yang berlangsung di Attic Hall Lt. 15, Hotel Novotel Makassar ini dilaksanakan selama empat hari, yakni tanggal 27—30 Juni 2024. Peserta festival adalah 15 tim yang merupakan pemenang terbaik I  FMP Tingkat Cabang Dinas Se-Provinsi Sulselbar yang terdiri atas 12 tim pewakilan cabang disdik se-Prov. Sulsel dan 3 tim perwakilan cabang disdikbud se-Prov. Sulbar (jumlah keseluruhan peserta, termasuk pembina, sebanyak 88 orang).   

Festival dibuka oleh Kepala Bidang SMA, Dinas Pendidikan Prov. Sulsel, Muhammad Nur Kusumajaya. Dalam sambutannya, Muhammad Nur menyatakan sangat tertarik dengan adanya kegiatan festival musikalisasi puisi ini.

Beliau juga merasa bangga karena meskipun dengan anggaran yang minim, kantor cabang dinas pendidikan kabupaten/kota mampu melaksanakan seleksi festival tingkat cabang dinas dan memperoleh bibit-bibit unggul yang kelak akan menjadi kebanggaan bangsa dan negara. Beliau menekankan bahwa tahun depan Dinas Pendidikan Prov. Sulawesi Selatan akan menganggarkan kegiatan Festival Musikalisasi Puisi dan akan mengawal pelaksanaan FMP Tingkat Cabang Dinas. Penjabat yang belum lama dilantik sebagai Kabid SMA tersebut juga menyampaikan terima kasih kepada para kepala sekolah yang telah memfasilitasi pengembangan minat dan bakat siswa-siswanya melalui kegiatan festival musikalisasi puisi ini. Secara khusus, Muhammad Nur menyampaikan apresiasi kepada Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan yang telah memberikan ruang untuk mengembangkan minat dan kreativitas siswa di bidang musikalisasi puisi. Atas nama Kadispen Prov. Sulsel, Muh. Nur mengucapkan selamat kepada panitia penyelenggara atas kesuksesan pelaksanaan FMP Tahun 2024.

Sementara itu, Kepala BBP Sulsel, Ganjar Harimansyah, menyampaikan terima kasih kepada Kadispen Prov. Sulsel, Kadisdikbud Prov. Sulbar, Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel, dan Kakanwil Kemenag Prov. Sulbar yang telah berkolaborasi dengan BBP Sulsel dalam penyelenggaraan FMP Tahun 2024. Ganjar juga menyampaikan apresiasi kepada para kepala cabang dinas se-Sulselbar yang sangat berjasa menyemarakkan FMP Tahun 2024.

Selain itu, Ganjar juga memohon dukungan dan peran serta kepala sekolah dalam meningkatkan apresiasi siswa melalui musikalisasi puisi. Beliau berharap musikalisasi puisi di sekolah bisa menjadi ekstrakurikuler yang mandiri, tidak digabung dengan ekstrakurikuler yang lain. Kepala BBP Sulsel menutup sambutannya dengan menyatakan bahwa semua peserta yang ikut FMP Tingkat Provinsi 2024 telah menjadi pemenang karena telah berhasil menyisihkan para peserta di tingkat cabang dinas.

Festival Musikalisasi Puisi Tingkat SMA dan Sederajat Se-Provinsi Sulawesi Selatan dan Se-Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2024 ditutup oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Prov. Sulsel, Andi Ibrahim. Ibrahim mengucapkan terima kasih kepala seluruh komponen yang terlibat dalam menyukseskan FMP 2024. Beliau menyatakan Dinas Pendidikan akan terus mengawal pelaksanaan FMP pada tahun-tahun mendatang.

Pada acara penutupan tersebut Ketua Dewan Juri, M. Aan Mansyur mengumumkan pemenang FMP Tahun 2024. Berdasarkan keputusan dewan juri, tim  yang berhasil menjadi pemenang FMP Tingkat SMA dan Sederajat Se-Provinsi Sulawesi Selatan dan Se-Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2024 adalah SMKN 2 Gowa sebagai Pemenang I, SMAN 1 Palopo sebagai Pemenang II, SMAN 1 Barru sebagai Pemenang III, SMAN 2 Sidrap Pemenang Harapan I, SMAN 1 Tana Toraja sebagai Pemenang Harapan II, dan SMAN 4 Luwu Timur sebagai Pemenang Harapan IV.

Pemenang I dan Pemenang II akan mewakili Sulselbar pada FMP Tingkat Nasional secara daring (melalui pengiriman videoa). Peserta yang lolos sepuluh besar akan diundang untuk mengikuti FMP Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa secara luring/langsung di Jakarta.  Pelaksanaan FMP Tingkat Provinsi Tahun 2024 dirangkaikan dengan rapat koordinasi pelaksanaan FMP tahun 2025 dan Pengukuhan Pengurus Komunitas Pencinta Musikalisasi Puisi (Kompensasi). Rakor yang dipimpin Kepala BBP Sulsel tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Sulbar, perwakilan Dinas Pendidikan Prov. Sulsel, perwakilan Kanwil Kemenag Sulsel dan Sulbar, para kepala cabang dinas pendidikan [dan kebudayaan] se-Sulselbar, serta Ketua dan pengurus Kompensasi.