Pendampingan Komunitas Penggerak Literasi di Kota Parepare

Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional (KKLP) Literasi Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan (BBPSS) melaksanakan kegiatan Pendampingan Komunitas Penggerak Literasi di Kota Parepare pada tanggal 25—26 April 2024. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Layanan Perpustakaan Panrita, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Parepare pada tanggal 25 April 2024. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Ganjar Harimansyah, Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan Kota Parepare, Ary T Biantong, S.T., M.M., dan beberapa pustakawan Dinas Perpustakaan Kota Parepare. Selain itu, kegiatan juga dihadiri oleh pegiat literasi yang berasal dari berbagai komunitas literasi yang ada di Kota Parepare.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Ganjar Harimansyah, menjelaskan pentingnya kegiatan pendampingan komunitas penggerak literasi yang ada di daerah. Selain mengenalkan Program Prioritas Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa serta tugas lembaga kebahasaan menurut Undang-Undang Nomor 24 tahun 2009, beliau juga memotivasi para pegiat literasi agar dapat menjadi mitra dalam pengembangan literasi masyarakat.

Sebelum melakukan pendampingan di Gedung Layanan Perpustakaan Umum Panrita, Dr. Ganjar Harimansyah bersama Tim KKLP Literasi BBPSS bersilaturahmi dengan pegiat literasi di sekretariat Teras Baca Lompoe yang terletak di Kelurahan Lompoe, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare. Kedatangan tim disambut oleh Camat Bacukiki, H. Saharuddin, S.E., Kepala Seksi Pemerintahan dan Trantib Kelurahan Lompoe, Syahrir, S.E., Ketua RT 01 RW 09 Lompoe, Ernawaty Haya, pendiri Teras Baca Lompoe, Fajriani, S.E., dan pengurus Teras Baca Lompoe.

Narasumber kegiatan pendampingan di Kota Parepare adalah Erika Rachma Aprilia, S.Tr.T. dari komunitas Katakerja. Narasumber berasal dari komunitas literasi yang berkategori A berdasarkan hasil pendataan yang dilaksanakan oleh Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun 2022 dan tahun 2023.