WISATA LITERASI PESANTREN PAKKUSIANTA AL-ISTIQAMAH BULUKUMBA DI BALAI BAHASA PROVINSI SULAWESI SELATAN

Selasa, 19 Desember 2023, Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan (BBP Sulsel) menerima kunjungan guru dan santri Pesantren Pakkusianta Al-Istiqamah Bulukumba dalam rangka Wisata Literasi. Peserta Wisata Literasi berjumlah 30 orang yang terdiri atas 26 santri tingkat aliah dan 3 guru pendamping. Selain itu, hadir pula Pimpinan Pusat Yayasan Pakkusianta Al-Isitiqamah. Mereka memperoleh pengayaan seputar kegiatan literasi dan kamus masuk sekolah oleh Koordinator KKLP Literasi dan Koordinator KKLP Perkamusan dan Peristilahan.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula BBP Sulsel itu dibuka oleh Dewi Pridayanti, S.Sos. M.Adm.SDA. selaku Kepala Subbagian Umum BBP Sulsel. Dalam arahannya, beliau memperkenalkan tiga program prioritas Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dan tujuh kelompok kepakaran dan layanan profesional (KKLP) di BBP Sulsel. Pada kesempatan tersebut, Pimpinan Pusat Pesantren Pakkusianta Al-Istiqamah Bulukumba, Muh. Ridwan, S.Gz. berharap agar kerja sama antara Pesantren Pakkusianta Al-Istiqamah Bulukumba dan BBP Sulsel dapat terjalin pada masa yang akan datang.

slider 2
slider 1
slider 3
slider 4
slider 5
previous arrow
next arrow
slider 2
slider 1
slider 3
slider 4
slider 5
previous arrow
next arrow

Kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan program dan kegiatan literasi oleh Koordinator KKLP Literasi, Asmabuasappe. Pengenalan beragam jenis kamus, kemahiran dasar leksikografi, dan kemampuan dasar untuk merujuk kamus disampaikan oleh Charmilasari, selaku Koordinator KKLP Perkamusan dan Peristilahan. Para santri dan guru juga diperlihatkan cara untuk mengakses dan mengunduh beberapa aplikasi kamus, seperti KBBI VI, baik luring maupun daring, Kamus Bahasa Bugis, baik yang berbasis web maupun aplikasi.

Kegiatan Wisata Literasi itu diselingi dengan berbagai gim untuk meningkatkan daya literasi dan kemampuan merujuk para siswa. Komunitas literasi Forum Lingkar Pena Sulawesi Selatan (FLP Sulsel) ikut hadir untuk menyemarakkan kegiatan Wisata Literasi tersebut.